Penutupan Seleksi Daerah Calon Competitor ASC XIII Provinsi Kalimantan Tengah

18 Mei 2019 12:00, Dibaca 151 kali.

Pelaksanaan Seleksi Daerah Calon Kompetitor Asean Skills Competition (ASC) XIII Tahun 2019 resmi ditutup (16/5), di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah. Sebanyak 50 peserta yang bersaing memperebutkan gelar juara sejak tanggal 14  Mei 2019 hingga 16 Mei 2019 merupakan bagian dari tahapan persiapan Indonesia menghadapi ASEAN Skills Competition XIII yang akan dilaksanakan di Singapura  pada tahun 2020 mendatang  dengan membawa pengalaman dan pelajaran yang tak terlupakan. Kegiatan Selekda ini bertujuan untuk mendapatkan calon-calon kompetitor yang memenuhi standar melalui prosedur dan tatakerja yang terencana,terkoordinir, dan terdokumentasi dengan baik yang nantinya akan mewakili Daerahnya di Tingkat Nasional dan Mewakili Republik Indonesia pada Tingkat ASEAN

Seleksi dilaksanakan di tiga tempat yaitu Kejuruan Web Design dan Electrical Installations bertempat di SMKN Negeri 1 Palangka Raya, Kejuruan Cooking dan Fashion Tecnology bertempat di SMKN Negeri 3 Palangka Raya, Kejuruan IT Network Systems Administration bertempat di SMK Karsa Mulya Palangka Raya.

(Baca Juga : Penutupan Gelar Karya Kalteng)

Tim penguji sebanyak tiga orang. Satu orang dari juri/Expert Pusat dan dua orang dari anggota dewan juri daerah.”

Sebanyak 3 juri yang dipercayakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan untuk menjadi tim penilai merupakan para ahli yang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing.

“Para ahli ini tidak hanya menjadi penilai dalam kegiatan ini, mereka juga memberikan pengarahan, pelajaran dan juga berbagi pengalaman yang mereka miliki. Pengalaman ini bukan pengalaman yang baru, tetapi pengalaman yang mereka dapat selama bertahun-tahun menggeluti profesi keahlian mereka,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah, Ir. Rivianus Syaril Tarigan, M.AP

Bahwa dalam rangka mempersiapkan calon kompetitor ini dilakukan seleksi secara berjenjang dimulai dari Seleksi Tingkat Daerah dipilih 3 (tiga) orang peserta terbaik, kemudian mereka akan direkomendasikan untuk mengikuti Seleksi Tingkat Nasional dan selanjutnya seleksi pada Tingkat ASEAN dan dilanjutkan pada Kejuaraan Tingkat Dunia, kata Syahril. 

"Syahril menambahkan, sebagai peserta terbaik yang akan mewakili Provinsi Kalimantan Tengah untuk kompetisi Tingkat Nasional hendaknya mempersiapkan diri lebih matang dengan memanfaatkan waktu yang ada untuk meraih peringkat I, II atau III Nasional sehingga dapat mengikuti seleksi Tingkat ASEAN dan selanjutnya dapat mengikuti Kejuaraan Kompetitor di Tingkat Dunia untuk membawa nama harum Provinsi Kalimantan Tengah pada khususnya dan Indonesia pada umumnya". 

Hasil Selekda  ASC XIII Provinsi Kalimantan Tengah direkomondasikan untuk mengikuti Seleknas ada empat  orang yang akan direkomondasikan untuk  mewakili Kalimantan Tengah yakni, untuk Kejuruan Electrical Installations Juara 1 Andrian Pangestu SMKN 2 Pangkalan Bun Kobar, juara 2 Badriansyah SMKN 2 Palangka Raya, untuk Kejuruan Fashion Techonolgy juara 1 Pita Pitaloka SMKN 3 Palangka Raya, untuk Kejuruan Cooking juara 1 Zahra Putri Alyaasari  SMKN 3 Palangka Raya.

Bagi peserta lainnya yang telah berpartisipasi di dalam kegiatan kompetisi ini namun belum berhasil memenuhi persyaratan minimal untuk dapat lolos Seleknas, dapat melihat kegiatan ini sebagai suatu pengalaman yang berharga yang selanjutnya mendorong dan meningkatkan motivasi diri untuk selalu mengembangkan kompetensi baik dari aspek pengetahuan, keterampilan dan attitude sehingga pada akhirnya akan menjadi individu yang diperhitungkan dan membawa nama Bangsa dan Negara di dalam era globalisasi. Karena pada hakekatnya melalui ASEAN Skills Competition ini, akan terwujud standardisasi dan ketrampilan angkatan kerja muda diantara anggota negara ASEAN, yang pada akhirnya akan mendorong terwujudnya sistem pendidikan dan pelatihan di tingkat Asean.