Pelatihan Keterampilan Bernegosiasi Dalam Hubungan Industrial Angkatan II Tahun 2019

17 Juli 2019 14:00, Dibaca 32 kali.

Pelatihan Keterampilan Bernegosiasi Dalam Hubungan Industrial Angkatan II dilaksanakan oleh Bidang Hubungan Industrial dan Jamsostek Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah di Fovere  Hotel Palangka Raya pada Senin (15/7) Pelatihan  keterampilan Bernegoisasi Dalam Hubungan Industrial ini dilaksanakan selama tiga hari, yakni 15 sampai 17 Juli 2019 dan dikuti oleh 50 Peserta.Peserta sendiri berasal dari serikat buruh atau serikat pekerja dan manajement perusahaan di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

Kegiatan ini langsung di buka oleh Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jamsostek, Drs. Amir Husen mewakili Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah, Ir. Rivianus Syahril Tarigan, M.AP dalam sambutan pembukaan kegiatan Pelatihan Keterampilan Negosiasi Hubungan Industrial mengatakan bahwa. "Pembangunan ketenagakerjaan harus diatur sedemikian rupa sehingga terpenuhi hak-hak yang mendasar dan perlindungan bagi pekerja/buruh serta pada saat bersamaan dapat mewujudkan kondisi yang kondusif bagi pengembangan dunia usaha. Perlindungan terhadap pekerja/buruh dimaksudkan untuk menjamin hak-hak dasar pekerja/buruh dan menjamin kesempatan serta perlakuan tanpa diskriminasi atas dasar apapun untuk mewujudkan kesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya dengan tetap memperhatikan perkembangan kemajuan dunia usaha. Dalam upaya mengimplementasikan harapan-harapan di atas, untuk pelaksanaannya di perlukan perangkat/sarana dan pengaturan yang menjadi dasar untuk mempertegas dan memperjelas apa saja yang menjadi hak dan kewajiban pengusaha dan pekerja untuk menetapkan tata tertib dan menjamin berjalannya proes produksi serta mampu menciptakan hubungan industrial yang harmonis di perusahaan. 

(Baca Juga : Komisi IX KUNJUNGI BLK KOTA PALANGKA RAYA)

Beliau menambahkan "Permasalahan yang masih terus dihadapi dalam hubungan industrial adalah sikap dan perilaku para pelaku hubungan industrial yang belum sesuai dengan  tuntutan perubahan seperti mengenai kesadaran hukum, itikad baik untuk berunding, membangun komunikasi, saling percaya, saling bertanggung jawab, keterbukaan dan saling menghargai. Sebagai implementasinya pemerintah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah telah melakukan berbagai pembinaan dan pembekalan kepada kedua belah pihak diantaranya yaitu dengan mengadakan pelatihan Teknik Bernegosiasi bagi pelaku Hubungan Industrial yang harmonis, dinamis, berkeadilan, dan bermertabat, ucapnya.