BPJS TK RAKOR BERSAMA DISNAKERTRANS KALTENG BAHAS KK-PAK

20 September 2019 09:51, Dibaca 251 kali.

Perlindungan Tenaga Kerja menjadi perhatian pada kegiatan Rapat Koordinasi Penyelesaian Kasus Kecelakaan Kerja (KK) dan Penyakit Akibat Kerja (PAK) yang dilaksanakan kerjasama BPJS-TK dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah di Coffee and Chef Palangka Raya (19/9).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah Ir.Rivianus Syahril Tarigan, MAP dalam sambutannya mengatakan wajib memperhatikan perlindungan pekerja terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). “Dimana menurut undang-undang semua pekerja wajib mendapatkan perlindungan sosial yang secara spesifik keselamatan kerja , penyakit akibat kerja maupun kematian ucapnya.

(Baca Juga : GELAR KARYA KALTENG RESMI DIBUKA)

Syahril menambahkan harus pada penyamaan persepsi terkait jenis-jenis kecelakaan kerja yang dapat ditanggung sehingga tidak ada keterlambatan pelayanan bagi peserta BPJS.”Saat ini masih abu-abu atau remang-remang bila ada sebuah kejadian termasuk kecelakaan kerja atau bukan. Dengan adanya pertemuan ini diharapkan bisa tertangani secara cepat hak-hak  yang harus didapatkan bagi peserta yang telah terdaftar BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan,”katanya.

Sementara Kepala BPJS TK Cabang Palangka Raya Royyan Huda mengatakan, rapat koordinasi ini digelar  guna menyamakan persepsi antara BPJS Ketenagakerjaan, Disnakertans  serta dokter penasihat dalam memberikan pelayanan manfaat dan Pelayanan akibat kerja. “Jadi dengan dikeluarkan beberapa peraturan baru diantaranya PP Nomor 7 Tahun 2019 dan PMK nomor 141 tahun 2018, dimana dua peraturan ini sedikit kontradiktif terkait pihak mana yang harus membayarkan manfaat atas terjadinya kecelakaan kerja,”ucapnya.

Sebagai informasi Kegiatan rapat koordinasi mengenai Kecelakaan Kerja (KK) dan Penyakit Akibat Kerja (PAK) dihadiri oleh  Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Palangka Raya Royyan Huda, BPJS Kesehatan, Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jamsostek Drs Amir Husen dan Staff Pengawas Ketenagakerjaan.

.WhatsApp Image 2019-09-20 at 09.54.22(1)

FOTO BERSAMA-Kepala Disnakertrans Kalteng Ir. Rivianus Syahril Tarigan, MAP bersama Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan
Palangka Raya Royyan Huda melakukan foto bersama dalam Rapat Koordinasi Penyelesaian KK-PAK di Coffee and Chef Palangka Raya (19/9)