Disnakertrans Prov. Kalteng Siapkan PBJ bagi Lulusan SMA/SMK/Sederajat

disnakertrans-prov-kalteng-siapkan-pbj-bagi-lulusan-smasmksederajat

  • 0
  • 0
© Doc. Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah
Uk. huruf:
Cetak

MMCKalteng - Palangka Raya – Penyuluhan dan Bimbingan Jabatan (PBJ) merupakan proses dalam membantu pencari kerja dengan potensinya, menemukan gambaran obyektif tentang peluang kerja sehingga mampu menentukan pilihan karirnya dengan tepat. Sehingga, hal ini menjadi langkah penting untuk memasuki dunia kerja/pasar kerja yang kompetitif.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah Farid Wajdi saat Rapat Persiapan PBJ dengan Kepala Sekolah dan Guru Bimbingan Konseling se Kota Palangka Raya, di ruang Rapat Disnakertrans Kalteng, Rabu (11/9/2024).

Disampaikan pula, dengan memberikan pemahaman dan fokus pada dinamika pasar kerja, para siswa dan pencari kerja dapat mempersiapkan diri secara efektif untuk memasuki dunia industri. Sehingga dapat memenuhi kesenjangan antara persyaratan jabatan dengan kompetensi yang dimiliki seseorang, antara lain dapat diarahkan melalui program-program pelatihan kerja atau program lain yang dapat meningkatkan kompetensinya, sehingga persyaratan jabatan dapat dipenuhi.

“Kegiatan ini, rencananya dilaksanakan pada 9 Oktober 2024, dan diharapkan akan mampu memberikan dorongan yang diperlukan bagi para pelajar untuk mengambil langkah mereka menuju karir yang sukses,” jelas Farid.

Lebih jauh Farid mengatakan, sasaran kegiatan ini ditujukan bagi para pencari kerja, siswa sekolah, mahasiswa, masyarakat dan pihak-pihak yang terkait dengan pelayanan penempatan tenaga kerja dalam rangka membantu mempersiapkan calon tenaga kerja yang kompeten dan memenuhi persyaratan kompetensi kerja (job requirement) yang dibutuhkan di pasar kerja.

“Mereka akan mendapatkan motivator dan narasumber, seperti Gubernur Kalteng, Kemenko Perekonomian, G-Coach, BP3MI Banjarmasin, Psikolog serta Fungsional Pengantar Kerja,” pungkas Farid. (HS)/Edt:WP

 


 

Sebelumnya Lautan Manusia padati Stadion Penanjung Tarung, Ha..
Selanjutnya GEBYAR UMKM Wilayah Barat dipusatkan Di Sampit..
Tinggalkan Komentar