Kadis Nakertrans Prov. Kalteng Tekankan Pentingnya RTK Makro untuk Pembangunan Ketenagakerjaan

kadis-nakertrans-prov-kalteng-tekankan-pentingnya-rtk-makro-untuk-pembangunan-ketenagakerjaan

  • 0
  • 0
© Doc. Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah
Uk. huruf:
Cetak

MMCKalteng - Palangka Raya -  Dalam rangka mewujudkan Kalteng Makin BERKAH dalam urusan ketenagakerjaan  maka pembangunan ketenagakerjaan di Provinsi Kalimantan Tengah harus terarah  dan bersinergi antara Kabupaten/Kota se Kalteng, sehingga diperlukan Rencana Tenaga Kerja (RTK) Makro. 

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah Farid Wajdi saat membuka pelatihan Penyusunan Rencana Tenaga Kerja (RTK) Makro di Aula hotel  Best Western Batang Garing, Rabu (13/9/2023).  

(Baca Juga : Upaya Pemulihan Ekonomi Masyarakat, Pemprov. Kalteng Berikan Bantuan Benur Udang Windu)

"RTK Makro penting untuk pembangunan ketenagakerjaan yang meliputi masalah pengangguran, penciptaan kesempatan kerja, peningkatan kualitas tenaga kerja, peningkatan produktivitas, hubungan industrial dan kesejahteraan tenaga kerja serta perlindungan tenaga kerja," ungkap Farid.

Sementara itu, Mohammad Mustafa Sarinanto selaku Kepala Pusat Perencanaan Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan RI dalam paparannya menyampaikan dasar diperlukannya RTK Makro pada proses pembangunan ketenagakerjaan dalam menghadapi isu strategis seperti Dinamika Kependudukan (Bonus Demografi), Revolusi industri 4.0  dan Pandemi Covid.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Penyusunan RTK Makro Heru Setiawan mengatakan tujuan pelatihan penyusunan RTK Makro adalah melatih dan memfasilitasi SDM Kabupaten/Kota agar pembangunan ketenagakerjaan terarah, dan pelatihan berlangsung selama 3 (tiga) hari, tanggal 13-15 September 2023. 

"Sebanyak 30 orang peserta dari Provinsi dan Kabupaten/Kota akan menyusun RTK Makro," jelas Heru.

Turut hadir pada kegiatan ini yakni Koordinator Substansi Bidang Perencanaan Ketenagakerjaan Kemenaker RI Rini Nurhayati, serta Sekretaris Disnakertrans dan Pejabat Administrator di lingkungan Disnakertrans Kalteng.

Sebelumnya Pemprov Kalteng Raih Peringkat Ketiga IPK..
Selanjutnya ..
Tinggalkan Komentar